10 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan dan Lingkungan Hidup
Tahukah anda bahwa Air Putih mempunyai banyak sekali manfaatnya yaitu diantaranya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan hidup disekitar kita karena Air merupakan element yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Seluruh makhluk hidup yang berada di bumi baik itu manusia, tumbuhan atau hewan sangatlah membutuhkan air.

Rata-rata manusia memiliki volume air didalam tubuhnya 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang. Beberapa organ tubuh ma­nusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.


Dan inilah beberapa manfaat air bagi kesehatan dan kehidupan lingkungan

Memberikan energi
Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh dan menghapus kotoran beracun. Itu sebabnya, menjaga diri tetap terhidrasi ialah cara terbaik untuk menyehatkan tubuh dan tetap energik.
Mengurangi resiko terhadap beberapa macam penyakit
Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar (colon). Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit.
Mengeluarkan racun dalam tubuh 
Anda semua pasti terkena jutaan racun setiap hari, entah dari polusi, kebiasaan yang tidak sehat dll. Namun, dengan Anda mengonsumsi air, serangan racun ditubuh bisa hilang, hingga menjaga sistem kesehatan tubuh Anda.
Melawan masuk angin atau pilek
Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi (kekurangan air) karena akan menyebabkan lendir mengering. Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk.

Mengatur Suhu Tubuh 
Air sangat penting untuk membantu Anda mengusir panas tubuh. Jika Anda tidak minum cukup air, suhu tubuh Anda dapat naik ke tingkat berbahaya.
Pelembab wajah
Dengan minum banyak air membantu kulit Anda tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah.
Menangkal rasa letih akibat melakukan perjalanan
Udara panas dapat menyebabkan Anda dehidrasi dan akan menimbulkan rasa letih pada saat dan setelah perjalanan. Minumlah banyak air sebelum melakukan perjalanan dan satu gelas tiap jam perjalanan Anda.
Meningkatkan Metabolisme tubuh 
Air adalah bagian penting dari proses metabolisme. Oleh karena itu, seseorang mengonsumsi air yang cukup bisa membuat tingkat metabolisme Anda tinggi. Kondisi ini penting agar stamina tubuh tetap terjaga seharian penuh.
Membuat kulit lebih cerah 
Jerawat, jerawat dan jerawat ialah akumulasi kotoran dan minyak dalam tubuh. Namun, tidak usah bingung bila kondisi terjadi pada Anda. Minum saja saja air putih secukupnya. Hal ini karena air bisa membuang racun dari kulit Anda dan juga menjaga pergerakan usus secara teratur. Sehingga menghasilkan kulit yang bersih dan cerah.
Mengatasi migrain/sakit kepala
Para peneliti menyatakan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan migrain/sakit kepala, jadi bila Anda sering mengalami migrain adalah sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.
Sedangkan Fungsi Air yang utama adalah :
Menjaga otak tetap bekerja 
Otak Anda terdiri dari 90 persen air. Tanpa air yang cukup, Anda mungkin mengalami sakit kepala. Untuk, itu konsumsilah air secukupnya., minimal delapan gelas sehari.Tahukah anda bahwa Air Putih mempunyai banyak sekali manfaatnya yaitu diantaranya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan hidup disekitar kita karena Air merupakan element yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Seluruh makhluk hidup yang berada di bumi baik itu manusia, tumbuhan atau hewan sangatlah membutuhkan air.
Itulah beberapa manfaat air putih, semoga jadi ilmu tambahan bagi anda semuanya.


terkait dengan 10 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan dan Lingkungan Hidup :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar